Kewirausahaan Bab 4 Perencanaan Aspek Pemasaran (Uji Kompetensi)


















Uji Kompetensi Bab 4

A.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.
1.    Analisa situasi perusahaan dan lingkungannya, analisa dan penilain peluang, kekuatan, kelemahan, serta kendala yang dihadapi di pasar disebut …
  • a.       Konsep pemasaran
  • b.      Manajemen pemasaran
  • c.       Pemasaran
  • d.      Promosi
  • e.      Distribusi


2.    Berikut yang bukan termasuk hal pokok konsep bauran pemasaran (marketing mix), yaitu …
  • a.       Produk
  • b.      Jasa
  • c.       Tempat
  • d.      Promosi
  • e.      Distribusi


3.    Harga pokok ditambah seluruh biaya penjualan yang akan diterimma oleh konsumen disebut …
  • a.       Harga pokok
  • b.      Harga jual
  • c.       Harga dasar
  • d.      Biaya tetap
  • e.      Modal sendiri


4.    Proses menyalurkan barang atau jasa dalam istilah ekonomi disebut …
  • a.       Promosi
  • b.      Produksi
  • c.       Pemasaran
  • d.      Distribusi
  • e.      Pemasaran


5.    Pentingnya perencanaan pemasaran bagi seorang produsen, yaitu untuk …
  • a.       Ekspansi
  • b.      Distribusi
  • c.       Mengalirnya barang dan jasa
  • d.      Periklanan
  • e.      Produksi


6.    Dapat menentukan mengalirnya barang dan jasa ke tangan konsumen secara tepat dan cepat merupakan keuntungan bagi …
  • a.       Konsumen
  • b.      Penyalur
  • c.       Konsumen dan produsen
  • d.      Distributor
  • e.      Pemerintah


7.    Orang yang melakukan kegiatan menyalurkan barang dan jasa dari prdusen ke konsumen disebut …
  • a.       Konsumen
  • b.      Produsen
  • c.       Promotor
  • d.      Distributor
  • e.      Eksekutor


8.    Menganalisis situasi lingkungan dan peluang pasar merupakan …
  • a.       Tujuan distribusi
  • b.      Tujuan produksi
  • c.       Pentingnya perencanaan usaha
  • d.      Pentingnya perencanaan pemasaran
  • e.      Pentingnya bauran pemasaran


9.    Suatu kegiatan penjual dan pembeli bertemu dan berinteraksi untuk saling memenuhi kebutuhan disebut …
  • a.       Pembelian
  • b.      Penjualan
  • c.       Transaksi penjualan
  • d.      Pelayanan prima
  • e.      Pelayanan penjualan


10.  Faktor utama konsumen mau membeli barang yang dijual karena …
  • a.       Warna bagus
  • b.      Pasar
  • c.       Manfaat
  • d.      Kualitas baik
  • e.      Harga lebih murah


11. Berikut yang termasuk objek dalam strategi menjual, yaitu …
  • a.       Penjual
  • b.      Pembeli
  • c.       Pelanggan
  • d.      Penjual dan barang atau jasa yang dijual
  • e.      Barang dan jasa yang dijual


12. Seorang yang tampil dan professional dalam menjual barang, yaitu memilki karakter …
  • a.       Memilki kemampuan menjual
  • b.      Memilki kebanggaan pekerjaan menjual
  • c.       Boleh tidak belajar
  • d.      Terampil dalam menjual
  • e.      Memelihara keutuhan pribadi


13. Berikut merupakan prinsip kepuasan pelanggan, yaitu …
  • a.       Ucapan terima kasih
  • b.      Mendengarkan suara pelanggan
  • c.       Memberi  jaminan para pelanggan
  • d.      Kepuasan pelanggan adalah penting
  • e.      Memahami kepuasan pelanggan


14. Pelayanan yang baik, yaitu …
  • a.       Ramah tamah
  • b.      Cinta damai
  • c.       Memuaskan pelanggan
  • d.      Sopan santun
  • e.      Murah senyum


15. Promosi merupakan upaya khusus untuk meningkatkan kepuasan para pelanggan di antaranya …
  • a.       Potongan harga
  • b.      Layanan yang baik
  • c.       Demonstrasi
  • d.      Peragaan khusus
  • e.      Pemberian diskon


16. Saluran distribusi yang menyalurkan barang dan jasa pada konsumen melalui saluran milik produsen sendiri tersebut saluran …
  • a.       Secara langsung
  • b.      Secara tidak langsung
  • c.       Secara semi lagsung
  • d.      Melalui distributor
  • e.      Melalui kontraktor


17. Dalam menetapkan distribusi saluran distribusi yang akan dipilih, perusahaan harus mempertimbangkan …
  • a.       Banyak penyalur
  • b.      Banyak agen
  • c.       Distributor langsung
  • d.      Konsumen terhadap barang tersebut
  • e.      Produk yang dihasilkan


18. Sesuatu yang ditawarkan oleh pasar baik produk fisik maupun jasa disebut …
  • a.       Promosi
  • b.      Distribusi
  • c.       Produk
  • d.      Harga
  • e.      Pemasaran


19. Perusahaan menetapkan harga jual dengan cara menambah harga beli dari seorang pedagang dengan suatu persentase tertentu yaitu, …
  • a.       Cost plus pricing
  • b.      Plus cost pricing
  • c.       Mark up pricing
  • d.      Up – cost pricing
  • e.      Mark – cost pricing


20. Berikut bukan unsur yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga jual, yaitu …
  • a.       Biaya
  • b.      Permintaan
  • c.       Persaingan
  • d.      Penerimaan
  • e.      Konsumen akhir



B.    Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat.

1.    Apakah yang dimaksud dengan penawaran ?
2.    Tuliskan empat hal pokok yang akan menjamin keberhasilan perusahaan dalam memasarkan     produknya, berkaitan dengan bauran pemasaran (marketing mix).
3     Uraikan alasan penetapan harga jual dapat menetukan keberhasilan dalam pemasaran produk.
4.    Apakah yang dimaksud dengan distribusi?
5.    Terangkan perbedaan antara pemasaran dan penjualan?
6.    Salah satu tujuan perencanaan pemasaran adalah memberikan dasar yang logis untuk pengambilan keputusan. Uraikan.
7.    Apakah yang perlu dpertimbangkan wirausaha dalam menentukan perencanaan pemasaran jangka panjang?
8.    Apakah keuntungan yang didapat oleh perusahaan jika melakukan promosi dalam kegiatan usahanya?
9.    Apakah yang menjadi alasan bagi perusahaan memilih saluran distribusi?


10.  Apa yang akan terjadi jika tidak ada saluran distribusi?





Untuk dapat kumpulan jawaban secara lengkap dari bab 1 s/d bab terakhir, dari kelas 1 s/d 3. Kalian dapat menghubungi No. ( 0815 - 8672 - 0427 / WA ) dan tanyakan langsung linknya.

Comments