Kewirausahaan Bab 2 Menghitung Resiko Menjalankan Usaha (Uji Kompetensi)


Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1.    Tidak ada satu strategi usaha yang paten untuk dijadikan acuan baku dalam menjalankan usaha hingga sukses, alasannya adalah ….
  • a.       Wirausaha juga manusia
  • b.      Strategi dan rencana usaha itu sekedar impian saja
  • c.       Situasi, kondisi, dan keadaan lingkungan usaha yang tidak pasti
  • d.      Modal terbatas

e.      Strategi hanya sebuah perencanaan sehingga wajar jika terus diperbaiki
2.    Faktor penggerak yang menimbulkan suatu perubahan disebut …
  • a.       Change system
  • b.      Change driver
  • c.       Business change
  • d.      Opportunity
  • e.      Momentum

3.    Ada berapa jenis factor penggerak perubahan?
  • a.       1
  • b.      2
  • c.       3
  • d.      4
  • e.      5

4.    Perubahan yang disebabkan oleh tingkat pendapatan, pertumbuhan penduduk, kurs mata uang dapat digolongkan dalam perubahan yang didorong oleh …
  • a.       Factor ekonomi
  • b.      Factor teknologi
  • c.       Factor bisnis
  • d.      Factor pasar
  • e.      Factor iklim dan cuaca

5.    factor yang sekarang sering menjadi pendorong perubahan dari trend pasar dan kebutuhan yaitu karena factor pendorong dari …
a.       Ekonomi
b.      Teknologi
c.       Bisnis
d.      Pasar
e.      Iklim dan cuaca
6.    Perubahan yang dimotori oleh maraknya pesaing atau perusahaan lain memasuki usaha adalah karena …
  • a.       Ketertarikan pertumbuhan pasar
  • b.      Banyaknya pesaing yang masuk
  • c.       Pasar yang belum jelas
  • d.      Produk yang tidak banyak
  • e.      Banyak yang belum sukses usahanya

7.    Perkembangan perubahan akibat factor yang satu ini telah membuat matinya industry ‘pager’ dan lambatnya industry dokumentasi foto cuci cetak karena telepon genggam berkamera. Faktor pendorong ini disebabkan oleh …
  • a.       Perubahan ekonomi
  • b.      Perubahan perilaku konsumen
  • c.       Perubahan iklim dan cuaca
  • d.      Perubahan pasar
  • e.      Perubahan teknologi

8.    Masalah pada usaha pertanian karena adanya perubahan musim yang tidak dapat diprediksi adalah karena …
  • a.       Ekonomi
  • b.      Iklim dan cuaca
  • c.       Pasar
  • d.      Teknologi
  • e.      Bisnis

9.    Strategi usaha harus bersifat di bawah ini, kecuali
  • a.       Konstan
  • b.      Dinamis
  • c.       Efektif
  • d.      Efisiensi
  • e.      Fleksibel

10.  Sesuatu yang pasti dan tidak pernah berubah adalah …
  • a.       Strategi bisnis
  • b.      Persaingan
  • c.       Perubahan
  • d.      Produk
  • e.      Pasar

11. CAFTA (China ASEAN Free Trade Agreement) dapat menciptakan ancaman usaha bagi sebuah industry yang berbasis produksi, seperti …
  • a.       Garmen
  • b.      Property
  • c.       Perdagangan
  • d.      Distribusi
  • e.      Pertanian

12. Ada  4 jenis konsekuensi akibat dari sebuah perubahan, kecuali
  • a.       Menciptakan kesempatan
  • b.      Menciptakan ancaman
  • c.       Menciptakan kesempurnaan
  • d.      Memperlemah perusahaan
  • e.      Memperkuat perusahaan

13. Perubahan yang menciptakan peluang dan kesempatan yang baru dapat diantisipasi dengan strategi …
  • a.       Market inovasion
  • b.      Market penetration
  • c.       Market defence
  • d.      Market and product development
  • e.      Market adjustment

14. Bila seorang wirausaha membuka usaha took kelontong, maka pesaing paling dekat dan berpotensial untuk dianalisis adalah …
  • a.      Minimarket
  • b.      Department store
  • c.       Took buku
  • d.      Pasar swalayan
  • e.      Pasar modern

15. Dalam strategi pemetaan produk, yang paling pertama dibuat analisisnya untuk mengetahui posisi produk di pasar adalah pemetaan …
  • a.       Modal penjualan ritel
  • b.      Laba dan merek
  • c.       Harga dan kualitas
  • d.      Kualitas dan biaya
  • e.      SDM dan produk

16. Faktor timbulnya mekanisme harga dipasar adalah karena …
  • a.       Kekuatan tarik - menarik antara konsumen yang ingin memilki barang dan produk yang ditawarkan
  • b.      Harga yang murah dipasar
  • c.       Peluang untuk memasuki pasar sangat tinggi karena tingkat kebutuhan yang tinggi
  • d.      Suplai produk yang begitu besar sehingga harga jatuh di pasar
  • e.      Permintaan produk tertentu yang sangat tinggi tetapi suplai produk tidak ada

17. Kepuasan setiap konsumen bisa diukur dengan uang. Pendekatan ini disebut …
  • a.       Marginal in progress
  • b.      The law of dimishing price
  • c.       Hokum Gossen
  • d.      Marginal utility
  • e.      In – difference curve

18. Bila harga suatu barang naik (ceteris paribus), jumlah barang yang diminta konsumen akan mengalami penurunan. Begitu juga sebaliknya bila harga turun. Hukum ini disebut …
  • a.       Hokum permintaan
  • b.      Hokum penawaran
  • c.       The law of diminishing return
  • d.      Hokum gossen
  • e.      Marginal utility

19. Bertemunya kurva permintaan dan kurva penawaran akan terjadi di titik …
  • a.       Baik
  • b.      Equilibrium
  • c.       Impas
  • d.      Kritis
  • e.      Simpang

20. McDonald’s di Amerika Serikat mengguanakan daging sapid an McDonald’s di Indonesia menggunakan daging ayam. Faktor pemisahan McDonald’s ini mementingkan unsur perilaku konsumen karena …
  • a.       Status social
  • b.      Pendapatan
  • c.       Budaya
  • d.      Keluarga
  • e.      Usia

21. Ada 5 peran yang dimainkan orang dalam megambil keputusan pembelian, kecuali …
  • a.       Intiator
  • b.      Influencer
  • c.       Decider
  • d.      Buyer
  • e.      Facilitator

22. Jumlah tahap adopsi dari pembeli dalam mengambil keputusan adalah …
  • a.       1
  • b.      2
  • c.       3
  • d.      4
  • e.      5

23. Dari daur hidup produk, tahapan yang kritis bagi suatu usaha adalah …
  • a.       Perkenalan (introducing)
  • b.      Pertumbuhan (growth)
  • c.       Mapan (mature)
  • d.      Penurunan (decline)
  • e.      Pengembangan (development)

24. Persamaan umum dari regresi linear adalah …
  • a.      Y2 = a + bX
  • b.      Y = a – bX
  • c.       Y = a + bX
  • d.      Y = a + bX1 + cX2
  • e.      Y = b + cX2

25. Dalam daur hidup produk, ada tahapan yang mendulang keuntungan yang cukup untuk berkembang, yaitu …
  • a.       Tahapan perkenalan
  • b.      Tahapan pertumbuhan
  • c.       Tahapan mapan
  • d.      Tahapan penurunan
  • e.      Tahapan pengembangan


B .  Uraian
Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas, dan benar .
1.    Jelaskan mengapa seorang wirausaha harus selalu mengamati dan mengevaluasi strategi usahanya. Sebutkan factor – faktornya .
2.    Jelaskan factor – factor yang menggerakkan perubahan. Sebutkan contohnya.
3.    Jelaskan strategi – strategi yang digunakan oleh seorang wirausaha atas konsekuensinya dari perubahan yang terjadi. Jelaskan dan sebutkan konsekuensinya.
4.    Jelaskan beberapa tingkatan pemetaan produk.
5.    Terangkan tentang terjadinya mekanisme di pasar.
6.    Perilaku konsumen akan menimbulkan permintaan di pasar yang akan menjadikan dasar dari hokum permintaan. Apa itu hokum permintaan? Jelaskan.
7.    Hukum permintaan terjadi Karena ada 2 anggapan pokok untuk mewujudkannya. Sebutkan dan jelaskan.
8.    Bila persamaan fungsi permintaan adalah D = Y = 40 + 2,5X dan fungsi penawaran adalah S = Y 120 – 1,5X. Tentukan titik equilibrium­ – nya dan gambarkan grafiknya.
9.    Sebutkan jenis – jenis factor utama yang mempengaruhi keputusan dalam membeli. Sebutkan dan Jelaskan.
10. Ada 5 peran yang dimainkan orang dalam mengambl keputusan dalam pembelian.  Sebutkan dan Jelaskan.
11. Tahapan adopsi dari pembeli dalam pengambilan keputusan ada beberapa jenis. Sebutkan dan Jelaskan.
12. Terangkan mengenai tahapan –tahapan daur hidup produk dan gambarkan.
13. Tentukan variable bebas (X) dan variable tidak bebas (Y) dari pernyataan berikut:
  • a.       Daya beli masyarakat         -    inflasi
  • b.      Jumlah pesaing                   -    tingkat penjualan
  • c.       Harga bahan baku              -    harga jual produk
  • d.      Lokasi usaha                      -    jumlah pengunjung
  • e.      Gaji                                    -    kinerja

14. Seorang wirausaha ingin mengetahui apakah waktu masa program promosi ‘beli 1 dapat 2’ mampu meningkatkan kedatangan jumlah pelanggan ke took. Setelah dilakukan evaluasi, diperoleh data sebagai berikut:
Lamanya Program Promosi (hari)
Jumlah pelangggan yang dating (orang)
3
40
5
60
7
80
10
110
14
150
     Berdasarkan data di atas, tentukan:
  • a.       Persamaan regresi linear dan kurva regresinya.
  • b.      Jika wirausaha menginginkan agar sebanyak 200 orang yang dating ke tokonya, berapa lamakah waktu yang diperlukan dalam mengadakan promosi?

15. Berdasarkan pertanyaan no. 14, tentukan koefisien korelasi (r) dan koefisien determinasinya (R).


Untuk dapat kumpulan jawaban secara lengkap dari bab 1 s/d bab terakhir, dari kelas 1 s/d 3. Kalian dapat menghubungi No. ( 0815 - 8672 - 0427/ WA ) dan tanyakan langsung linknya.

Comments

haliza fatini said…
Kak bantu yang uraian gimana
Unknown said…
Good tembus semua
Dony pratama said…
Kasih tau jawaban uraian nomor 14 dan 15 dong ka,? Terimakasih
Unknown said…
Jawaban uraian nya mana?
Unknown said…
Jawaban uraiannya kok gaka ada?
Unknown said…
Jawaban uraian nya ga ada ya kak
Unknown said…
Penyelesainnya nomer 14
Qaqaku.com said…
Sorry for everyone, if you have question you can contact me from this number ( WA / 081586720427 ) or you can input your identity from Contact Us. Thanks for comment 😊😊